Gubernur Jateng Ganjar Pranowo Respon Keluhan GTT

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo

Kisah Guru GTT di Indonesia memang banyak yang menjadi pro dan kontra. Dalam satu sisi, GTT atau Guru Tidak Tetap merupakan seorang guru atau tenaga pengajar yang dibutuhkan untuk membantu keberlangsungan proses belajar, di sisi lain pemerintah juga tidak memberikan alokasi dana untuk mereka.

Perhatian akan nasib GTT tersebut seringkali masih cukup minim. Namun tidak dengan di Jawa Tengah, bahkan sang Gubernur kala itu, Ganjar Pranowo bertindak langsung untuk mengatasi keluhan yang disampaikan oleh salah satu GTT melalui akun twitternya.

Seorang guru tidak tetap (GTT) yang dimaksud tersebut berasal dari Kudus, Jawa Tengah, Saiful Aris namanya, yang memiliki gaji sangat kecil yakni hanya Rp 225 ribu per bulan. Nasib Saiful ini lalu diketahui Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo  Hubungi Langsung GTT

Ganjar menindaklanjuti keluhan Saiful tersebut lantas menghubungi Saiful dan mengatakan akan membicarakan nasibnya dan guru-guru tidak tetap lainnya yang bergaji kecil di kementerian terkait.

“Ini (perhatian) menjadi harapan dan titik terang bagi kami para guru GTT. Karena mungkin permasalahannya hampir sama di semua daerah,” ujar Saiful seperti dalam keterangan tertulis dari Pemprov Jateng, Jumat (3/11/2017).

Sebelum akhirnya dihubungi oleh Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Saiful dan teman-temannya mengeluhkan nasibnya melalui Twitter. Lantas Ganjar memberikan respon di media sosial dengan meminta nomor telepon Saiful.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo  Akan Tindaklanjuti Keluhan GTT

Pada malam hari, Ganjar kemudian menelepon Saiful. Ganjar meminta Saiful untuk menceritakan bagaimana kondisi GTT di Kudus. Saiful lantas menceritakan bahwa sudah sejak 2014, GTT Kudus membuat forum untuk audiensi dengan bupati dan DPRD. Saiful bercerita secara apa adanya, meski sebenarnya dia dan teman-temannya juga tahu bahwa GTT SD bukan kewenangan gubernur.

“Tapi bagaimana, keluhan teman-teman di daerah kan selalu susah mengadu ke bupati masing-masing. Saat ini (gaji) Rp 225 ribu per bulan,” ungkap Guru SDN 4 Gribig, Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus itu.

Dari pembicaraan dengan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo pada Rabu (1/11/2017) malam, Saiful mendapat bocoran kebijakan pemerintah pada GTT.

“Pak gubernur bilang akan membicarakan hal ini dengan kementerian,” ucap Saiful.

Leave a Reply