Serunya Ganjar Pranowo Calon Gubernur Bermain Ketoprak

Ganjar-Pranowo-Calon-Gubernur

Ganjar Pranowo calon Gubernur Jawa Tengah nomor urut satu berkesempatan untuk ikut bermain kesenian tradisional ketoprak. Acara yang diikuti oleh beliau berada di sebuah tobong punya Dalang Ki Sigid Ariyanto di Desa Turusgede, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah.

Pasangan dari Gus Yasin ini memainkan lakon ketoprak dengan mendpat peran sebagai Sang Pembayun.

Diceritakan bahwa kisahnya tentang perseteruan antara Ki Ageng Wanabaya yang tidak mau menyerahkan Mangir sebagai bagian dari wilayah Kerajaan Mataram. Namun strategi yang digunakan oleh Sang pembayun adalah siasat asmara. Dimana ia menyamar sebagai penari keliling dan berhasil membuat Wanabaya menjadi lemah sehingga akhirnya dapat dibunug Panembahan Senapati.

Ganjar Pranowo Calon Gubernur Bisa Berimproviasui Dengan Seniman Ketoprak Walaupun Tanpa Latihan

Ganjar Pranowo calon Gubernur dalam cerita mendapat peran sebgai Pangeran Purbaya yang tereknal arif bijaksana. Pangeran Purbaya adalah putera mahkota materam. Dalam pemrintahannya beliau dikenal tidak suka dengan cara kekerasan  dan punya sifat welas sehingga dicintai rakyatnya.

Ketika memerankan Pangeran Purbaya, tampak dari ekspersi Ganjar yang luwes. Meski beliau tidak melakukan latihan sama sekali tapi bisa berimprovisasi dan spontan mengimbangi seniman Ketoprak Wangsit Gumelar.

“Ya saya kan sudah sering main ketoprak, wayang orang, jadi ya biasa saja, salah-salah sedikit wajarlah, namanya juga gak latihan,” ujar Ganjar

Ganjar Pranowo Calon Gubernur Ingatkan Pentingnya Melestarikan Warisan Budaya

Kepada Ki Sigit Ariyanto, Ganjar Pranowo calon Gubernur acungkan jempol karena telah mendirikan tempat pergelaran seni secea swadaya.

Suami dari siti Atikoh ini sudah sering memainkan berbagai macam seni  tradisional. Beliau juga menuturkan jika kehadiran diatas panggung bukan hanya sebgai penghibur saja tapi juga bisa memberi contoh warisan budaya patut untuk dilestarikan.

“Ya saya kan sudah sering main ketoprak, wayang orang, jadi ya biasa saja, salah-salah sedikit wajarlah, namanya juga gak latihan,” ujar Ganjar

Ganjar Pranowo calon gubernur sukses perankan pangeran Purba dalam pertujukan kesenian ketoprak walaupun ia tidak latihan samas sekali.

 

Sumber: www.liputan6.com

Leave a Reply